Pengembangan Potensi Siswa SMA N 1 Ciruas


Pengembangan Potensi Siswa 

SMA N 1 Ciruas



Oleh
Sudrajat Senda


Seluruh kompenen dalam satuan pendidikan berjalan dalam peningkatan mutu Sekolah, yakni derajat keunggulan sesuatu atau seseorang,  pelayanan yang  memenuhi persyaratan dan harapan sesuai dengan ‘STANDAR’, sesuai dengan harapan ‘PELANGGAN’, sesuai dengan harapan ‘PIHAK-PIHAK TERKAIT’, dan sesuai dengan yang ‘DIJANJIKAN’.  Hal ini tertuang dalam Permendikbud No. 28/2016 tentang Mutu, bahwa Suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses pendidikan sesuai dengan STANDAR MUTU dan sesuai dengan Permendiknas No. 63/2009 bahwa Kegiatan sistemik dan terpadu oleh SATUAN atau PROGRAM PENDIDIKAN, penyelenggara satuan atau program pendidikan, pemerintah daerah, Pemerintah, dan masyarakat untuk menaikkan tingkat kecerdasan kehidupan bangsa melalui pendidikan.


Mengapa seluruh komponen  dalam satuan pendidikan harus berjalan dengan sistem, baik itu penndidik dan tenaga kependidikan, karena ini sesuai dengan PASAL 3 PERMENDIKBUD NO 28 TAHUN 2016 bahwa yang di maksud ayat 1 huruf a Mutu Sekolah , direncanakan, dilaksanakan, dikendalikan, dan dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan di jalur formal pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah danyang di maksud ayat 2 huruf b bahwa mutu seolah digunakan oleh BAN-S/M sebagai acuan untuk melakukan akreditasi di satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Dalam pelaksanaannya Satuan Pendidikan membentuk Tim di tingkat Sekolah, hal ini sesuai dengan PASAL 11PERMENDIKBUD NO 28 TAHUN 2016 Ayat 1 Satuan pendidikan mempunyai tugas dan wewenang: yakni pada huruf  e, membentuk tim penjaminan mutu pada satuan pendidikan; dan pada huruf f, termasuk mengelola data mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan.



Gambar : Sistem Mutu , 2017

 

Dalam pelaksanaan peningkatan mutu sekolah di harapkan dapat mewujudkan :

  • Mengembangkan visi, misi, kebijakan dan strategi penjaminan mutu;
  • Menerapkan dan mengembangkan siklus penjaminan mutu;
  • Mengembangkan kegiatan yang dapat mendorong semua komponen satuan pendidikan terlibat dalam penjaminan mutu;
  • Mengembangkan kerjasama antara satuan pendidikan, masyarakat dan lembaga/instansi dalam rangka menjamin mutu pendidikan. 



 Gambar : Analisis Data Mutu (1),  2017



Gambar : Analisi Akar Masalah & Rekomendasi (1)



Gambar : Analisis Peningkatan Mutu(1), 2017




Gambar : Implementasi Peningkatan Mutu




Gambar : Pemenuhan Peningkatan Mutu





Gambar : Langkah & Sumber Data Pemetaan Mutu




Gambar : Analisis Data Mutu(2)




Gambar : Analisi Akar Masalah & Rekomendasi (2)



Gambar :  Peningkatan Mutu (2)



Pemenuhan Mutu di sekolah kami  akan membahas pengembangan potensi,seperti ;

 

A. Pengembangan potensi perkembangan kognitif

B. Pengembangan potensi perkembangan fisik

C. Pengembangan potensi perkembangan psikomotorik

D. Pengembangan potensi perkembangan moral dan emosional

E. Pengembangan potensi sosial dan bahasa




 Gambar : Pengembangan Potensi Kognitif (1)





Gambar : Pengembangan Potensi Kognitif (2)




Gambar : Pengembangan Potensi Perkembangan Fisik(1)




Gambar : Pengembangan Potensi Perkembangan Fisik(2)




Gambar : Pengembangan potensi perkembangan psikomotorik




Gambar : Pengembangan potensi perkembangan

     moral dan emosional (1)



Gambar : Pengembangan potensi perkembangan

     moral dan emosional (2)




Gambar : Pengembangan potensi sosial  

    dan bahasa  (1)




Gambar : Pengembangan potensi sosial  

    dan bahasa  (2)











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konflik dan pergolakan kepentingan (vested interest).

Paham-paham Baru di Eropa

Konferensi Asia Afrika (KAA)