Katanya : Ciruas, Ibu Kota Kabupaten Serang

 


Katanya : Ciruas, Ibu Kota 
Kabupaten Serang 

Oleh

Sudrajat Senda*


Ciruas sudah di tetapkan menjadi Ibu kota Kabupaten Serang propinsi Banten, tidak berarti sudah pula permasalahan yang melilit masyarakat tercapai dan tercipta kesejahteraan serta keterlibatannya dalam tataran kebijakan. Ternyata di beberapa pelosok Ciruas, terutama dipusat Ibu Kota Kab. Serang ,masih ada masalah dan muncul masalah baru yang mengakibatkan masalah baru yang mengakibatkan kegalauan... yang terus berlangsung,bahkan pada tingkat media sosial terbuka, seperti di Facebook, Twiteer juga di, Warung kopi, dan sebagainya.

Masalah-masalah tersebut sebagian disebabkan oleh lahirnya kekuatan social politik yang bertentangan secara nilai dan keadilan maupun kepentingan indivindu atau kelompok yang dipimpin oleh kehendak yang memaksakan diri . Tiap-tiap kepentingan itu berusaha menarik Eksekutif dan Legislatif bahkan tokoh-tokoh masyarakat itu sendiri agar menjadi pendukung mereka. Hal ini mengakibatkan tetap hidupnya dan bahkan tumbuhnya permasalahan yang terselubung diantara kepentingan itu. 

Timbulnya kegalauan ini disebabkan pula masih adanya itikad yang tak pernah terjewantahkan di Ciruas ini. Sementara itu pemuda-pemuda ditempat kita ini , terutama pemuda-pemuda Ciruas, sedang dilanda kekhawatiran akibat makin menurunnya kemauan untuk melampaui dirinya sendiri, yang bisa mengorbankan harta dan jiwa demi kepentingan bersama, terutama masyarakat kita yg membutuhkan sosok itu.

Walaupun telah ada organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan di tempat kita ini, yang berfungsi menangani masalah-masalah tersebut, namun nyatanya hal ini belum berhasil menyelesaikan persoalan tersebut. Sedangakan kenyataannya, akibat yang ditimbulkan oleh masalah-masalah ini, sebagian besar diderita oleh seluruh lapisan masyarakat

Ini hanya sepercik kegalauan yang melatarbelakangi akan langkah-langkah kaki ini untuk mencapai ke forum Masyarakat, Pemuda Ciruas...ini hanya sebuah seruan moral.

Pemuda semestinya memiliki Mental yang kuat atas perubahan  ini 

¨ Menurut Webster Dictionary, mental adalah “Way Of Thingking “ berkenaan dengan pikiran / gangguan saraf / kejiwaan

¨ Menurut Kamus Purwodarwinto, mental merupakan “Way Of Sense”.

Dari berbagai pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa mental merupakan cara berpikir dan berperasaan berdasarkan atas nurani yang tercermin pada perilaku seseorang.

ANDA adalah penguasa dari Nasib Anda.

Jadi ANDA 100 % bertang-gung jawab sepenuhnya atas Nasib Anda

.


Jangan salahkan orang tua Anda, guru Anda, lingkungan Anda atau orang lain jika Anda miskin atau gagal.

Ciri – ciri Mental Sehat sebagai berikut :

¨ Jujur ( Sidik ), yaitu orang yang setia, Ikhlas, bertanggung jawab, terbuka, dan tulus

¨ Terpercaya ( Amanah ), yaitu orang yang dapat dipercaya baik dalam bersikap, berbicara maupun dalam berbuat, jadi tidak munafik.

¨ Adil, yaitu orang yang bisa melihat dan menempatkan permasalahan secara proposional, obyektif, tidak pilih kasih.

¨ Konsisten ( Istiqomah ), yaitu orang taat azas, berprinsip, sehingga tidak mudah terombang – ambing oleh lingkungan

¨ Dapat bekerjasama, yaitu orang yang dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan


Ciri – ciri sifat Mental Produktif ;

Produktif : Sikap perilaku yang berhasil guna yang dihasilkan lebih besar dari apa yang telah dikeluarkan .

Berinisiatif : sikap dan perilaku yang penuh prakarsa, berbuat dan berpikir tanpa disuruh, mengembangkan kemampuan imajinasi.

Bekerja Keras : Sikap dan perilaku yang suka berbuat hal – hal yang positif, tidak suka berpangku tangan, dan tidak merasa cepat puas.

Bersemangat : Siakp dan perilaku yang dalam melakukan sesuatu tidak gampang menyerah.


Berpikir jauh ke depan : bersikap dan berperilaku untuk jangka waktu panjang yang lebih baik

Menghargai Waktu : Sikap dan perilaku yang mampu memanfaatkan waktu secara effisien dan efektif.

Tekun : Sikap dan perilaku yang menunjukan kesanggupan dan semangat yang tinggi dengan daya tahan yang cukup untuk mewujudkan sesuatu

 Tantangan dan Masa Depan;




Apa Peran dan Sikap Kita ?

“Sesungguhnya Alloh tidak mengubah keadaan (nasib) suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” QS , Ar R’ad : 11

*SekJend Gerakan Percepatan Puspemkab Serang

*Guru SMAN 1 CIRUAS

*Dewan Pertimbangan Nasional Ormas Oi 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konflik dan pergolakan kepentingan (vested interest).

Paham-paham Baru di Eropa

Konferensi Asia Afrika (KAA)