Lawatan Sejarah




Lawatan Sejarah

PEMBELAJARAN INTEGRATED


Oleh
Sudrajat Senda``


Program unggulan SMAN 1 Ciruas dalam mencapai visi dan misi yaitu melaksanakan pembelajaran integrated (terpadu) yang merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sadar mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran.


Dengan adanya pemaduan itu, siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh, sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna disini memberikan arti bahwa pada pembelajaran terpadu siswa akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata berkunjungan ke objek objek dan sumber sumber pembelajaran, yang menghubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran.




Pembelajaran terpadu (keterpaduan) antara mata pelajaran Sejarah dengan mata pelajaran khas IPS seperti mata pelajaran Ekonomi, Geografi, Sosiologi dan mata pelajaran khas IPA, Fisika, Biologi, Kimia  adalah tipe pem¬belajaran terpadu yang menggunakan pendekatan antar bidang studi, menggabungkan bidang studi dengan cara menetapkan prioritas kurikuler dan menemukan keterampilan, konsep dan sikap siswa, sehingga memungkinkan pembelajaran tuntas, bagi siswa yg mengikuti lawatan Sejarah menjadi syarat kenaikan kelas.


Rumusan pembelajaran integrated (terpadu) dalam lawatan Sejarah di samping ada sejumlah KD kompetensi dasar mata pelajaran yang mengandung konsep yang sama juga berdasarkan kebutuhan peserta didik, dalam hal ini sudah memetakan kebutuhan pembelajaran integrated  dalam sebaran angket yang menyatakan 90 ℅ penting nya kegiatan tersebut.


Pembelajaran integrated (terpadu) memiliki kendala terutama dengan kendala waktu pelaksanaan, berhubung pelaksanaan nya yang panjang, program yang padat dan memerlukan waktu khusus dalam melakukan pembelajaran sainttifik (ilmiah) dan aturan kedinasan, pemerintah terkait maka waktu yg d izin kan adalah tanggal 2 sampai dengan 6 januari 2020, sehingga out put atau hasil berupa penilaian pembelajaran integrated 7 mata pelajaran menjadi standard kenaikan kelas.



Dalam strategi pembiayaan di lakukan secara gotong royong, atau juga di sebut subsidi silang. Maka untuk itu jika 30 siswa yang mengikuti lawatan Sejarah maka akan dapat membantu 1 siswa yang bebas pembiayaan.


SMAN 1 Ciruas adalah sekolah unggulan di propinsi Banten.unggul karena memiliki program kegiatan pembelajaran yang innovation, kreativitas, dan bermakna bagi siswa nya,  dan sekolah ini terkenal dengan semangat bekerjasama dan saling mendukung untuk mencapai keberhasilan visi dan misinya.

``Ketua Lawase 19/20

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konflik dan pergolakan kepentingan (vested interest).

Paham-paham Baru di Eropa

Konferensi Asia Afrika (KAA)